Potensi Sorgum Manis (Sweet Sorghum)

Pertanaman sweet sorghum di lapangan yang tinnginya bisa mencapai 3 m.

Pertanaman sweet sorghum di lapangan.

Lab. Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Unpad bekerjasama dengan Tohoku University sedang mengembangkan tanaman sweet sorghum baik sebagai bahan baku produksi ethanol maupun peluang sebagai pengganti tetes tebu dalam produksi MSG. Program seleksi (breeding) dan potensi pengembangannya di dataran rendah dan sedang sedang di teliti. Laporan hasil penelitian di dataran rendah Madura telah ada di Jurnal Plant Production Science (PPS). Penanaman di dataran sedang (700 m dpl) Jatinangor Sumedang Jawa Barat, sedang dalam taraf penelitian. Data awal hasil penelitian memperlihatkan potensi kandungan gula hasil panen musim kering di dataran sedang dari beberapa genotip unggulan sweet sorghum ada yang mencapai 18 brix. Untuk mengetahui lebih jauh sifat tanaman sorgum manis secara lebih detail dapat di baca di rubrik Teknologi Bertanam Sorgum.

Pemuliaan batang besar sorgum manis

Pemuliaan batang besar sorgum manis

Malai sweet sorghum

Malai sweet sorghum

Syrup sorgum dari beberapa genotip

Syrup sorgum dari beberapa genotip

21 responses to “Potensi Sorgum Manis (Sweet Sorghum)

  1. bagaimana kami bisa mendapatkan bibitnya

    • Sedang kami kembangkan genotip yang cocok dan secara ekonomi menguntungkan. Mungkin setelah itu baru kami produksi. Garis besar hasil penelitian akan saya posting di blog ini atau bisa baca di jurnal paper kalau memang sudah bisa diterbitkan.

  2. pak..apa bedanya an antara grain sorghum dan sweet sorghum dilihat dari morfologinya dan kandungan gula/karbohidratnya..makasih sebelumnya..

    • Ciri utama grain sorgum yang potensial adalah tongkolnya biasanya berbentuk kompak penuh dengan biji, tapi ada juga yang tongkolnya agak jarang-jarang tapi tergolong sorgum biji. Kalau sweet sorgum batangnya dapat mengeluatkan cairan yang manis, sama seperti tebu, biasanya tinggi-tinggi dan tongkolnya agak jarang-jarang, berbiji juga tapi rasa biji tidak enak. Hati-hati jangan salah dengan sorgum biji lokal kita yang kebanyakan juga tinggi-tinggi.

  3. ass.
    Terima kasih tulisan bapak tentang budidaya tanaman sorghum sangat membantu uji tanaman yang kami lakukan, maju terus bapak.

  4. Beli bibit nya dmn ya??

  5. Untuk Hasil Analisa Usaha Taninya Bagaimana pak? dan Bila dibandingkan dengan Ketela lebih menguntungkan mana, baik secara analisa usaha tani maupun budidayanya?

    • Sayang saya blm melakukan penelitian analisis usaha tani, mungkin teman dari sosial ekonomi nanti akan melakukan, tetapi bisa saya kasih komentar dari sisi budidayanya. Dibanding ketela saya rasa sorgum lebih menguntungkan karena umur panen yg lebih singkat e bulanan dibanding ketela. Selain itu sorgum tidak merusak hara tanah tdk spt kl ditanam singkong. Sayangnya skrg sorgum masih jarang yg menanam meskipun kl kita lihat di negara amerika, cina dan india banyak ditanam baik zebagai pakan ternak maupun u produksi etanol. Indonesia yg panas dan kering seharusnya cocok u pertanaman sorgum.

  6. Bingah Utomo Ts

    Pak Anas, jika tanah dng kadar Al+++ :4.4 me/100 g, dapatkah sorghum tumbuh dengan baik? dalam beberapa referensi dikatakan bahwa tanaman yg toleran Al adalah gandum dan sorghum. Benarkah itu?
    Mohon sarannya pak jenis tanaman yg toleran Al+++ pada tanah sulfat masam?
    Tq

    • Sebelumnya berapa pH nya Pak? Kemungkinan rendah, apakah di bawah 4.5? Memang benar yang bersifat racun bagi tanaman adalah Al+++ bentuk lainnya tidak masalah dan Al+++ biasanya ada pada pH rendah. Dalam jumlah sedikit kalau Al+++ sudah bisa bersifat racun dan sudah bisa menghambat serapan unsur lainnya seperti Ca dll. dalam tanah oleh tanaman. Sepengetahuan saya Sorgum tidak secara umum bukan tanaman yang toleran terhadap tanah masam terutama yang disebabkan oleh Al. Kalau tanaman (crop) pangan yang benar toleran Al, saya belum mengetahuinya kecuali beberapa tanaman transgenik. Cuman ada beberapa varietas tanaman sorgum di ICRISAT yang sudah diketahui toleran Al. Tidak berarti semua tanaman sorgum toleran Al. Demikian juga dengan gandum.

  7. kalo grain sorgum pasarnya kemana?kalo sweet sorgum pasarnya kemana?tq

    • Pemasaran grain dan sweet sorgum yang saya tahu ada di demak dan jawa timur. Coba konsul ke petani sorgum di lamongan melalui Direktorat Serealia Deptan Jakarta.

  8. pak mau menanyakan berapa varietas antara sorghum manis dan sorghum biji ?terus kalau mencari buku atau jurnaltentang sorghum di perpustakaan budidaya pertanian unpad ada tidak pa??
    terimakasih

  9. kalau mau lihat jurnal langsung ke bapak atau jurnal online?

  10. pak mau menanyakan kembali maksud dari pesan yang diatas itu ada berapa varietas sorgum manis dan sorgum biji? terimakasih

  11. pak mau tanya, kalau perhitungan TSAI optimum di batang sorgum itu pada umur berapa ya? untuk kawali sama numbu

  12. pak, saya butuh sorghum warna putih +/- 100 kg, kalo sekitaran bandung bisa beli dimana ya…..

  13. Harry Simorangkir

    Halo teman-teman
    Saya Harry Simorangkir dari Asosiasi Sorghum Indonesia. Pada saat ini kami sedang dalam tahap memperbanyak bibit sorghum varietas “Super 1” dan “Numbu” di lahan seluas 100 hektar Dompu, NTB.
    Bagi teman-teman yang ingin mencoba menanam sorgum manis. Dapat menghubungi saya di harry_simorangkir@yahoo.com

    Salam
    Harry H Simorangkir
    Sekertariat AASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s