Waktu tanam sorgum manis

Hasil penelitian penanaman sorgum manis selama dua musim (musim hujan dan musim kemarau), memperlihatkan bahwa penampilan atau vigor tanaman sorgum manis sangat tergantung musim. Pada musim hujan, hijauan tanaman sorgum manis jauh lebih banyak untuk semua genotip yang diuji, dibandingkan dengan hijauan tanaman pada pertanaman musim kemarau. Ada interaksi antara genotip dengan musim. Dengan demikian ada perbedaan jenis sorgum yang harus  ditanam pada musim hujan dan musim kemarau.
Namun demikian ranking atau urutan genotip sorgum manis sebagai penghasil gula cenderung tetap diantara dua musim tanam. Ini menunjukkan bahwa genotip yang menghasilkan gula tinggi pada musim kemarau, juga dapat menghasilkan gula tinggi pada musim hujan. Sepertinya musim kurang berpengaruh pada kualitas gula yang dihasilkan. Laporan penelitian lengkap akan kami terbitkan di jurnal ilmiah.

2 responses to “Waktu tanam sorgum manis

  1. Ass Wr Wb

    Mohon info kadar gula tertinggi dari sorgum manis itu pada usia berapa hari ya.

    Jenis yg mana yg tertinggi produktivitas per ha rendemennya,dan pada TPL berapa yg terbaik.

    Terima kasih untuk bantuannya.

    Wass Wr Wb
    Iswardeni

    • Dari hasil penelitian dan beberapa literatur 26 – 30 hari setelah antesis adalah yang terbaik untuk kandungan gula. Dalam penelitian kami kultivar Keller adalah yang tertinggi kandungan gulanya, nilai brix ada yang bisa sampai 19. Namun demikian secara vegetatif Keller kurang rimbun jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Laporan lengkapnya sedang kami tulis, nanti akan saya postingkan di web. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s