Potensi Sorgum

AZ Unpad1.1 (white sorghum)

AZ Unpad1.1 (white sorghum)

Sorgum yang ditemukan di Afrika 5000 tahun yang lalu sampai sekarang merupakan tanaman penting ke lima dunia, dan merupakan tanaman serealia penting ke tiga di Amerika Serikat yang merupakan eksportir sorghum terbesar di dunia. Meksiko dan Jepang dikenal sebagai importir sorgum dunia. Seluruh bagian tanaman sorgum dapat dimanfaatkan baik sebagai pangan, pakan ternak atau sebagai bahan baku industri.
Tanaman sorgum mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan tanaman serealia lainnya seperti jagung dan gandum yaitu:

  • mempunyai daya adaptasi yang relatif luas dan dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah meskipun kurang tahan terhadap tanah masam (pH<5) terutama yang banyak mengandung Al,
  • tanaman sorghum lebih tahan kekeringan dan panas karena sorghum paling sedikit kebutuhannya akan air dibanding jagung dan gandum, sehingga dapat diusahakan di lingkungan semi-arid (kering),
  • kandungan nutrisi biji sorgum cukup tinggi bila dibandingkan dengan jagung dan padi, sehingga dapat digunakan untuk perbaikan gizi masyarakat.

Secara nasional potensi areal lahan marjinal di Indonesia yang meliputi lahan tadah hujan dengan satu kali tanam setiap tahunnya, lahan tegalan dan lahan sementara tidak diusahakan mencapai lebih dari 8 juta hektar.  Dalam satu dasawarsa pertumbuhan lahan kering di Indonesia cukup tinggi sebagai akibat pengolahan tanah yang tidak memperhatikan kaidah kelestarian (sustainability). Sorgum yang secara agronomis mempunyai beberapa kelebihan sangat menjanjikan dan potensial sekali untuk dikembangkan di lahan-lahan marginal tersebut, terutama untuk memenuhi kebutuhan akan pangan di Indonesia (sebagai pangan alternatif). Hal ini mengingat proyeksi akan kebutuhan pangan yang mencapai 64,214 juta ton beras pada tahun 2025 sesuai prediksi dari Bank Dunia, sehingga diperlukan pengamanan dan diversifikasi pangan di Indonesia. Untuk itu Laboratorium Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran telah mengembangkan sorgum untuk pangan (white sorghum) diantaranya yang potensial adalah genotip unggulan AZUnpad1.1 dan beberapa genotip elite sorgum manis (sweet sorghum).

7 responses to “Potensi Sorgum

  1. Kang Anas yth
    Menarik sekali informasi yang disampaikan mengenai sorgum
    Bagaimana cara mendapatkan info lebih rinci mengenai sorgum di Bandung?
    Apa bisa mendapatkan bibitnya juga? Dimana dan bagaimana caranya?
    Terima kasih
    Wassalam
    Bambang Pur

    • Info mengenai sorgum di INA memang masih sedikit, masih kurang diperhatikan, meskipun di Amerika merupakan tanaman ke 4 terbesar dalam pengusahannya. Kalau di Bandung, bisa main-main ke Faperta Unpad di Jatinangor. Untuk Unpad1-1sedang kami usulkan ke PVT dan biji ngak boleh kami komersiilkan selama belum di release oleh pemerintah. Thanks atas perhatiannya.

      • Bambang Pur

        Terima kasih informasinya
        Barang kali ada person kontak dan no hp yang bisa dihubungi?
        Sebetulnya menarik kalau sorgum dapat menjadi substitusi jagung misalnya untuk pakan ternak. Kebetulan saya ada peternakan lumayan di NAD, dengan menggunakan bahan lokal sebagai pakan sehingga masih cukup menguntungkan. Namun untuk membuat yang sama di Jawa, terkendala masalah bahan pakan yang harganya kejar-2an dengan harga produk peternakan unggas
        Apakah ada yang pernah menggunakannya sebagai bahan untuk pakan ternak unggas?
        Terima kasih
        Salam
        Bambang Pur

  2. Selamat Pagi Bapak Anas Zubair. Salam dari Bali. Terimakasih, Menarik sekali informasinya. Apakah saya bisa mendapatkan nomor telp/HP dimana saya bisa bertanya mengenai shorgum ini. Atas perhatiannya, saya haturkan terimakasih.

    Salam,

    Wayan Sukerta.

  3. Kayaknya saya berminat memberdayakan masyarakat untuk menanam sorgum… terutama kami juga ingin mengembangkan sorgum sebagai sereal… cm untuk wilayah semarang ini dimana kami ingin mendapatkan bibit khususnya wilayah Purwodadi atau Blora…

    • Terimakasih telah tertarik untuk mengembangkan sorgum. Apakah sudah pernah menghubungi dinas pertanian setempat? Kami pernah rapat pengembangan sorgum dengan dinas pertanian seluruh Indoensia di Semarang. Di Demak juga banyak yang menanam sorgum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s