Pengolahan Biji Sorgum

Potensi sorgum untuk menggantikan beras sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam makanan ringan seperti teng-teng, opak, dan sebagainya, sangat menjanjikan. Hal ini didorong juga oleh semakin mahalnya harga beras karena adanya keterbatasan produksi padi dan semakin tingginya permintaan. Untuk itu telah dicoba berbagai pengolahan biji sorgum.  Biji sorgum memiliki kulit yang terikat erat oleh endosperma, karena itu diperlukan penyosohan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai bahan pensubstitusi beras ketan dalam pembuatan opak. Tingkat penyosohan biji sorgum akan menentukan kualitas opak yang dihasilkan. Penelitian menggunakan metode eksperimen yang mengkombinasikan antara perlakuan lama penyosohan biji sorgum dan imbangan antara campuran beras sorgum dengan nasi ketan putih telah dilakukan. Sebagai bahan penelitian  telah digunakan sorgum putih Unpad 1-1.  Hasil penelitian menunjukkan lama penyosohan biji sorgum selama 1 menit dengan imbangan nasi sorgum dan nasi ketan putih 60%:40% menghasilkan opak dengan karakteristik terbaik.  Untuk lebih jelasnya dan untuk mendowload paper hasil penelitian, silahkan kunjungi halaman About me.

9 responses to “Pengolahan Biji Sorgum

  1. Kami telah membaca tulisan di websitehttp://www.deptan.go.id/ditjentan/admin/rb/Sorgum.pdf tentang tanaman shorgum dan manfaatnya. Kebetulan saya dan rekan sedang menyelesaikan tesis tentang Mesin Penyosoh Sorgum sebagai salah satu tugas akhir penyelesaian Program Magister di FTMD ITB.
    Rancangan kami telah berhasil denganan baik, produksi pertama kami dipesan oleh petani sorgum di Banjaran Jawa Barat, karena masih ada kekurangan dari mesin versi pertama maka saat ini terus diuji kefektifan kombinasi antara kecepatan putaran dan jarak celah grind dan biji sorgum.
    Insya Allah dalam 1 bulan ke depan kami akan memperoleh rancangan Mesin Penyosoh Sorgum yang lebih efektif dan efisien yang tentunya sangat dinanti oleh petani sorgum yang masih kesulitan dalam menyosoh biji sorgum. Bagi rekan-rekan2 yang ingin berbagi silahkan email ke pgautama@students.itb.ac.id

    • Selamat semoga berhasil baik. Kami mengenal petani yang di Banjaran. Kalau inin melihat dan membandinkan serta bertukar pikiran dengan mesin sosoh kami, silahkan datang ke Fakultas Pertanian Unpad, Jatinangor. Petani sorgum yang di Banjaran sudah pernah mencoba. Sukses selalu.

  2. Pak Anas

    Bisa minta alamat dan kontak petani yang di banjaran..

    terima kasih
    Yahya/Banjaran

    • Maaf Saya tahu namanya saja, haji supandi, atau abah sorgum, Banjaran bandung.Kalau mau benih sorgum bisa menghubungi Maros atau lihat di komen lainnya. Sorgum Unpad 1-1 baru kami tanam.

  3. Untuk pembuatan kue selain opak seperti diatas apakah bisa? Apakah perlu campuran bahan lainnya?

    • Tepung sorgum pada dasarnya free gluten yang menurut beberapa informasi sangat baik dikonsumsi bagi penderita autis. Namun karena free gluten maka tepung sorgum kurang bisa mengemang ketika dibuat roti. untuk itu tepung sorgum sangat dapat dibuat sebagai bahan dasar berbagai makanan cake atau kue yang tidak memerlukan proses pengembangan seperti roti. dapat digunakan sendiri atau dicampur dengan tepung terigu atau lainnya.

  4. saya tertarik menggunakan tepung sorgum untuk keperluan membuat kue kering, bagaimana saya bisa mendapatkannya? apakah Bapak ada informasi/ kontak yang bisa saya hubungi untuk membeli tepung sorgum?
    terima kasih atas bantuannya.

    • Bisa lihat di komen, salah satu ada ug menawarkan sorgum. Atau menghubungi 0812125219061 kl ngak salah bpk muladi

  5. Adakah info bagaimana cara sederhana untuk mengolah sorgum menjadi tepung untuk skala rumahan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s