Welcome To Anas Zubair Home

In this side you will find out and learn more about me, my interest, my research, a very brief description of my life.  So welcome to my little area of the web. Click around and find out more about me and what I like to do in life

Selamat datang di Anas Zubair Blog. Blog ini berisi mata kuliah dan jejak rekam dari berbagai aktivitas penelitian yang saya lakukan. Saudara dapat mempelajari berbagai tulisan saya dan interest saya dalam bidang penelitian.

14 responses to “Welcome To Anas Zubair Home

  1. wah pak anas keren bgt ya.. salut buat pak anas… ditengah kesibuknnya msh sempat update2 blognya… yg eye catching pula… nanti kuliah yg paca PPTL juga ada donlodannya ya pak..hehehe..

  2. Aldi Djatijanto

    Ass.wr.wb. kand Anaz apa kabar.
    untuk infonya kita sudah 4 x panen Sorghum tapi makin lama produksinya kok makin turun ? di awali dgn 45 ton per ha, sekarang hanya 28 ton per ha.
    Memang ada serangan BLB (bercak Daun) pada waktui tanaman mulai generatif, dan bagian batang dan dalamnya keropos.
    Padahal varietas yg kami tanam Sorghum Bicolor (type Numbu), sedang benih dari anda AZ Unpad I terpaksa di eradikasi karena sdh terjangkit BLB sejak awal, dan fisik tanamannya pendek setinggi leher manusia, berbeda degan sorghum kita yg tinggi sekali.
    mohon pandangannya dan pencegahan apa yg baiknya kami lakukan.
    thx before
    Aldi

    • Kang nuhun atas informasinya. Dari pengalaman saya di sini sama bu tino, dari beberapa kali ratoon, masalah utamanya adalah serangan penyakit.

      Penyakit bisa menyerang tanaman ratoon dalam waktu yang sangat singkat. Menurut prediksi saya, sepertinya perlu rotasi. Kalau terus menerus di tanam sorgum, sorgum menjadi rentan penyakit. Selain itu dalam ratoon harus hati-hati dalam menggunakan alat pemotong. Jangan sampai memotong tanaman yang kena penyakit, kemudian alatnya digunakan untuk mrmotong tanaman lainnya.

      Mengenai hasil yang menurun, kemungkinan asupan yang kurang, kalau memang tanamannya sehat tidak kena penyakit. Tapi yang perlu di perhatikan penampilan sorgum sangat dipengaruhi oleh musim, dan sorgum sangat respon akan pemupukan (ini hasil penelitian). Jadi kalau kita tanam pada musim hujan, nanti ratoonnya pada musim kemarau pasti akan turun (terutama kalau kondisi air dan pupuk kurang), sedangkan kalau di ratoon lagi, meskipun masuk musim hujan kondisi tanaman secara fisiologi sudah agak menurun.

      Mungkin itu saja yang bisa saya komentari. Sekedar info kalau mau menanam sweet sorgum pakai keller atau wray.

  3. SElamat ya pak Anas Zubair, kedepan jika ancaman pemanasan sudah semakin membahayakan produkstivitas pangan, maka sorgum adalah pilihan yang tepat karena selain hemat air, juga agak toleran panas. Saya salut bahwa anda telah banyak menyumbang informasi berharga kepada pengguna tentang pentingnya dan manfaat sorgum bagi kelestarian pangan dan industri gula dll.
    Apakah ada penelitian Pak Anas terhadap ratoon (produktivitas, dan umur panen pada sorgum)? Mohon informasinya, terma kasih????

    • Kami juga telah mencoba ratoon sorgum menggunakan Unpad 1.1 sampai tiga kali ratoon. Hasil tidak berkurang malah semakin tahan terhadap kekeringan dan penampakan tanaman semakin seragam. Pengurangan hasil per malai isa dikompensasi oleh malai dari anakan yang semakin bagus. Kami menyisakan tiga anakan per batang sorgum. Masalah utama adalah penyakit. Hati-hati menggunakan alat potong. sekali alat potong kena ke tanaman sakit, maka seluruhnya tanaman bisa mati. Juga tanaman ratoon mudah habis oleh penyakit. Sepertinya perlu rotasi tanaman untuk memotong serangan penyakit. Mudah2mudahan bermanfaat.

  4. Maju Sorgum Unpad..selamat Pa Anas sudah mempopulerkan sorgum nya…mudah2an bisa di populerkan oleh massmedia agar gaung nya menasional.

  5. saya ingin tau lebih banyak semoga bisa berguna bagi kita semua …aamiin

  6. assalamu’alaikum wr wb
    pak anas salam kenal pak, saya baru ingin memulai usaha sorghum varietas numbu. saya ingin bertanya, apakah ada perbedaan yang spesifik untuk teknik bertanam varietas numbu ini ? jika ada, mohon penjelasannya pak. terima kasih.

    • waalaikum salam. Sukses p Agus. Pada prinsipnya tidak ada perbedaan teknik budidaya dari berbagai jenis sorgum. Yang membedakan hanya di penanganan pasca panen dan pengolahan hasilnya.

  7. Ass..pak Anas salam kenal..saya kusmunandar sekarang sedang tanam sorghum di Jawa Barat. Saya tertarik dengan mesin sosoh sorgum. Mohon ijin pak Anas jika dipernankan saya ingin melihat langsung mesin sosoh dan mesin pasca panen sorghum lainnya.
    Terima kasih.
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s