Mesin Sosoh Biji Sorgum Unpad

Dua hal krusial dalam pengembangan sorgum sebagai pangan adalah: 1) tersedianya kualitas biji sorgum yang baik (sorgum biji putih) dan 2) tersedianya alat sosoh yang bermanfaat dalam hal penanganan pasca panen biji sorgum. Kendala utama pengembangan berbagai makanan berbasis tepung sorgum adalah ketiadaan alat sosoh biji sorgum. Biji sorgum yang kecil dan tidak bulat membuatnya semakin sulit untuk disosoh. Unpad khususnya Group Pengembang Sorgum terus berkomitmen dalam melakukan penelitian tanaman sorgum dari hulu (pengembangangan varietas unggul baru: pangan, sorgum manis-biofuel dan untuk pakan) sampai hilir (pengembangan berbagai produk makanan  berbasis tepung sorgum).

Pengembangan alat sosoh sorgum Unpad adalah hasil dari pengembangan pengalaman lama kami dalam memproduksi tepung sorgum dan kajian studi Magister salah satu staf Unpad (Asep Y, STP, M.T) dari Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian). Hal yang menjadi fokus kami dalam pengembangan mesin sosoh adalah rendemen biji tersosoh tinggi dengan tingkat biji pecah yang rendah. Dari hasil penyosohan yang kami lakukan rendemen biji berkisar 68% – 70% untuk biji coklat dan rendeman > 70% untuk biji sorgum biji putih. Mesin sosoh yang dikembangkan menggunakan sistem curah.

9 responses to “Mesin Sosoh Biji Sorgum Unpad

  1. Ir Roaman Abd.Rohman

    Bagaimana caranya saya pesan mesin sosoh sorgum
    Tks

    • Sebaiknya Bapak lihat dulu mesinnya, dan kita bisa coba. Kl cocok bisa kami kirim. Bisa menghubungi ke alamat email saya. Thanks

  2. salam pak, saya sangat tertarik untuk ini. Mohon informasinya ttg harga mesin ini.

  3. Pak saya tertarik dengan mesin sosohnya, ada alamat dan no telp yang bisa dihubungi saya ingin datang ke tempat bapak

  4. Pak Sya tertarik dengan mesin sosh sorgum ini,,
    bisa saya minta detail gambar,,,
    supaya saya mencoba membuat mesin sosoh ini,, Terimaksih

  5. saya tertarik dengan mesin sosohnya pak..apakah sekarang masih menjual mesin tersebut..? kalau iya, kira-kira berapa harga mesin sosoh itu y pak..?? terima kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s