Pendahuluan ApKom

By Anas

I. Pendahuluan

Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya perkembangan ilmu dan teknologi komputer baik hardware maupun software, maka semakin luas pula pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang disiplin ilmu. Ilmu-ilmu pertanian telah merasakan manfaat akan keberadaan komputer sebagai alat bantu untuk mempercepat berbagai proses dalam pengolahan data, kata, gambar serta penyimpanan berbagai data hasil penelitian yang memerlukan memori yang sangat besar.

Pemuliaan tanaman (plant breeding) sebagai ilmu, teknologi dan seni dalam perkembangannya telah banyak memanfaatkan bermacam-macam disiplin ilmu sebagai alat bantu dalam mempercepat proses perakitan kultivar-kultivar unggul baru. Dengan perkataan lain, seorang pemulia moderen harus mempunyai bermacam-macam pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu. Pemanfaatan ilmu dan pengetahuan genetik, botani, agronomi, matematik/ statistik, fisiologi tumbuhan, hama dan penyakit tanaman telah lama dikenal dalam menunjang penelitian-penelitian dalam ilmu pemuliaan tanaman. Dalam perkembangannya, pemanfaatan akan pengetahuan biokimia tanaman, bioteknologi, pengetahuan komputer, dan pemanfaatan jaringan (internet) telah semakin mempercepat penemuan-penemuan baru dalam bidang pemuliaan tanaman.

Dengan perkembangan teknologi hardware maupun software dalam bidang komputer serta peralatan penunjang elektonik lainnya, telah menjadikan komputer sebagai alat bantu yang sangat penting dalam membuat perencanaan penelitian yang sistematis, pencatatan dan perekaman hasil pengamatan, analisis data yang cepat dan akurat serta dalam membuat berbagai interpretasi data.

II. Pemanfaatan Komputer

Pemanfaatan komputer dalam pemuliaan tanaman secara garis besarnya dapat di kelompokkan dalam dua katagori utama yaitu pemanfaatan komputer sebagai pengolah kata dan pemanfaatan komputer sebagai pengolah data.

Komputer sebagai pengolah kata.

Pemanfaatan komputer sebagai pengolah kata yang paling banyak digunakan dapat dijumpai dalam paket office yaitu MS Word. Penggunaan MS Word sebagai pengolah kata dalam pembuatan berbagai macam laporan adalah yang paling banyak dijumpai dan paling banyak penggunanya.

Sejalan dengan kemajuan dalam perangkat keras komputer, lebih khususnya dalam pengembangan berbagai perangkat lunak (software) dan berbagai peralatan elektronik penunjang seperti digital camera, digital handycam, telah meningkatkan pemanfaatan komputer sebagai alat pengolah kata. Penyampaian informasi hasil-hasil penelitian dalam bidang pemuliaan tanaman menjadi lebih menarik dan informatif dengan dikembangkannya software pengolah kata khusus untuk presentasi. Sedikitnya ada tiga macam bentuk presentasi dengan pemanfaatan komputer sebagai pengolah katanya.

A. Presentasi oral (oral presentation).

Program aplikasi yang paling banyak di gunakan untuk oral presentation dalam paket office yaitu program Power Point. Dengan ditemukannya video proyektor yang bisa di hubungkan langsung dengan komputer, memungkinkan presentasi lebih interaktif, menarik dan mudah dimengerti dengan pemakaian berbagai animasi dalam penyampaiannya. Aplikasi animasi dapat dengan mudah dibuat dalam program Power Point ini.

B. Presentasi poster (poster presentation).

Ada banyak program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster. MS Word maupun Power Point pada dasarnya dapat digunakan untuk membuat poster. Akan tetapi pemakaian MS Word maupun Power Point untuk pembuatan poster akan banyak menjumpai kesulitan – kesulitan jika ukuran poster bertambah besar. Salah satu program yang dapat digunakan untuk membuat poster dalam ukuran besar adalah Corel Draw. Pemakaian program aplikasi Corel Draw dapat dikombinasikan dengan program aplikasi Photoshop sebagai pengolah photograph/ gambar maupun Power Point untuk mendapatkan hasil poster yang lebih bagus.

C. Presentasi homepage (homepage presentation).

Penanyangan berbagai data seperti data diri, metode/ laboratorium protokol dan hasil-hasil penelitian pemuliaan dalam sebuah website menjadi lebih menarik dan interaktif dengan dikembangkannya beberapa software home page builder yang semakin lengkap dan interaktif. Sebagai contoh penyajian genome data base, pelajaran tentang interaksi gen dan berbagai teori dalam pemuliaan tanaman seperti Mendelian theory menjadi lebih menarik dalam berbagai homepage yang dapat kita lihat melalui koneksi internet. Terdapat beberapa macam program home page builder antara lain IBM homepage builder, paket Macromedia, Netscape homepage builder dan lain-lain. Ada beberapa program home page builder yang dapat diperoleh secara instan di internet (contoh dalam Yahoo dan Microsoft Internet Explorer), dan tidak sedikit program yang lebih professional dijual di pasaran.

Komputer sebagai pengolah data.

A. Pengolah data untuk percobaan lapang (Field experimental design).

Program pengolah data yang paling banyak digunakan dan ada dalam paket office yaitu Excel. Penggunaan Excel sebagai pengolah data terutama data-data sederhana maupun yang lebih rumit lebih banyak kita dijumpai. Analisis data penelitian dalam percobaan lapang seperti Analysis of variance (ANOVA) dengan berbagai rancang percobaannya (RAL, RAK, Faktorial dan lain sebagainya) dapat dengan cepat dianalisis dengan menggunakan program Excel. Adanya tambahan program add in di Excel seperti analisis interaksi genotipe lingkungan, semakin mempermudah pemanfaatan program ini dalam menganalisis data. Sejalan dengan kebutuhan manusia akan kepraktisan dan semakin kompleknya data yang harus dianalisis sesuai dengan tujuan-tujuan spesifik, maka banyak di kembangkan paket-paket program aplikasi pengolah data instant seperti IRRISTAT, SAS Program, SPSS program dan lain sebagainya yang dijual secara komersial di pasaran.

IRRISTAT adalah paket program statistik yang dikeluarkan oleh International Rice Research Institute (IRRI) dan berisi program mulai dari membuat tata letak percobaan, analysis of variances (Anova) sampai uji lanjutnya seperti uji Duncan dan lain sebagainya.

SAS adalah program pengolah data yang lebih sulit penggunaannya daripada IRRISTAT, akan tetapi di SAS program, pemakai diberi keleluasaan untuk membuat /mengembangkan suatu analisis dengan menggunakan semua rumus-rumus instant yang ada di di dalamnya. SAS program juga menyediakan analisis statistik nonparametrik.

SPSS adalah program pengolah data terutama untuk analisis statistik nonparametrik dan banyak digunakan untuk ilmu-ilmu sosial seperti bidang ekonomi. Akan tetapi tidak tertutup pemakaiannya dalam bidang pemuliaan tanaman, karena SPSS juga menyediakan beberapa analisis seperti analisis factor yang dapat dimanfaatkan dalam bidang pertanian.

B. Pengolah data untuk percobaan molekuler (molecular analysis).

Banyak program molecular analysis yang di kembangkan oleh individu maupun oleh suatu lembaga seperti perguruan tinggi yang dapat di peroleh secara gratis melalui internet. Meskipun demikian perlu kehati-hatian dalam hal keakuratan dari program-program tersebut. Sebaiknya menggunakan program yang telah banyak di kutip dalam jurnal-jurnal ilmiah. Pada umumnya program-program molecular analysis erat kaitannya dengan berbagai perhitungan dalam genetika populasi.

Sebagai contoh program NTSYS, Arlequin 2000 dan Microsat yang merupakan program add in di Excel adalah program yang dapat digunakan untuk menghitung frekuensi gen, persen heterozigot dari sebuah populasi maupun antar populasi dari hasil analisis DNA. Input data untuk program Arlequin 2000 dapat berupa haplotype, panjang gen (nucleotide), atau jumlah repeat number dalam SSR allel.  Microsat juga dapat digunakan untuk membuat input data file untuk program-program molekular analysis lainnya.

Untuk membuat dendogram dapat menggunakan Phylip Package Program dan hasilnya dapat di perhalus tampilannya dengan menggunakan Treeview program. Selain itu terdapat beberapa program untuk genome analysis khusus untuk merancang dan melihat urutan serta susunan basa nukleotida.

One response to “Pendahuluan ApKom

  1. Coba cari di google program Crop Stat. Itu versi baru dari IRRISTAT. Kalau ngak salah ada manualnya. Bisa dibaca di situ. Cropstat di window vista saya tidak bisa jalan. Silahkan mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s