Roti Tawar Dari Tepung Sorgum

Pada halaman ini kami sediakan petunjuk cara pembuatan roti tawar yang menggunakan campuran tepung sorgum dan tepung gandum. Satu hal penting yang harus diketahui dari tepung sorgum adalah tidak adanya gluten dalam tepung sorgum (gluten free). Hal ini membawa manfaat yang sangat baik terutama untuk di konsumsi oleh orang yang peka atau alergi terhadap gluten seperti para penderita autis.

Namun demikian ketiadaan gluten ini mempengaruhi dalam pembuatan bahan makanan yang memerlukan proses pengembangan seperti roti tawar. Tepung sorgum tidak bisa digunakan 100 persen dalam pembuatan roti tawar karena hasil roti tidak akan bisa mengembang meskipun diberi ragi. Hal ini disebabkan karena absennya gluten dalam tepung sorgum. Untuk pembuatan makanan yang tidak memerlukan proses pengembangan seperti kue atau cake, dapat menggunakan 100 persen tepung sorgum dapat pembuatannya. Dari hasil penelitian, imbangan terbaik untuk menghasilkan roti tawar yang tetap empuk dan roti masih dapat mengembang adalah 2 bagian tepung sorgum dan 8 bagian tepung gandum.

Brosur lengkap tentang pembuatan roti tawar dari tepung sorgum, dapat di download pada tautan di bawah ini. Video pembuatan roti tawar tepung sorgum dapat juga mengklik tautan di bawah.

  1. Brosur pembuatan roti tawar sorgum
  2. Video pembuatan roti sorgum

One response to “Roti Tawar Dari Tepung Sorgum

  1. Trima kasih infonya …🙏🙏

    Sent from Yahoo Mail on Android

Leave a comment